Balita

3 Langkah Latihan Mudah Belajar Berjalan Untuk Si Kecil

Belajar berjalan adalah proses tumbuh kembang yang harus dilewati oleh setiap balita. Bukan hanya kaki, proses ini juga akan melibatkan setiap bagian tubuh untuk bergerak, membentuk otot serta skill motoriknya.

Untuk melatih balita berjalan, Si Kecil harus melakukan beberapa tahapan sebelumnya seperti merangkak, duduk, dan berdiri tegak.

Setiap balita memiliki kemampuan belajar berjalan yang berbeda. Ada yang cepat belajar berjalan, tapi ada juga yang membutuhkan waktu lama sebelum akhirnya bisa berjalan dengan lancar.

Untuk memudahkan latihan berjalan balita, bunda bisa bantu dengan 3 latihan mudah ini yuk,

1. Duduk di kursi kecil

Si Kecil sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan? Mama bisa memintanya untuk duduk di kursi kecil hingga punggungnya bisa tegak lurus tanpa bantuan. Pada posisi ini, kakinya akan menyentuh tanah membentuk sudut 90 derajat, sehingga bisa membantu postur tubuhnya menjadi lebih kuat untuk belajar berjalan.

Saat duduk di kursi kecilnya, Bunda bisa meminta balita untuk mengambil mainan dari tangan Bunda yang berada di atas kepala si kecil. Secara insting, dia akan mencoba meraih mainan tersebut sambil mencoba berdiri dengan dua kaki. Bunda bisa lakukan ini beberapa kali dalam sehari agar balita bisa cepat berjalan dengan lancar.

Namun hati-hati, karena si kecil belum bisa berdiri dengan seimbang ada kemungkinan dia akan terjatuh begitu mencoba berdiri. Jadi begitu si kecil terlihat goyang dan ingin jatuh, segera tangkap dan minta ia duduk kembali ya.

2. Menjelajah sofa

Selain dengan duduk di kursi kecil, Bunda juga bisa melatih Si Kecil belajar berjalan dengan membiarkannya bermain dan menjelajah sofa yang ada di rumah. Untuk melakukannya, minta dia untuk berdiri dengan memegang sisi sofa, kemudian baru ajak untuk bermain sekaligus berjalan di pinggiran sofa.

Saat Bunda dan Si Kecil melakukan kegiatan ini, boleh juga sekaligus sambil mengajaknya menari dan berdansa di atas sofa agar tetap semangat dan ceria. Jangan lupa bawa mainan favoritnya sebagai ‘umpan’ agar ia mau belajar berjalan menyusuri sofa.

3. Berjalan di atas kaki orang dewasa

Meskipun terlihat sederhana, mengajak Si Kecil untuk berjalan di atas kaki orang dewasa ternyata dapat membantunya belajar berjalan lho, Bun. Secara tidak langsung, otot dan tulang kaki balita akan semakin kuat jika rutin diajak berjalan di atas kaki Bunda.

Setelah ia terbiasa, Bunda bisa lanjutkan mengajarinya berjalan di atas kaki sendiri dengan tetap memegang kedua tangannya di atas. Nanti setelah otot dan tulangnya kuat dia akan mampu untuk berdiri dan berjalan dengan sendirinya.

Sebenarnya, melatih balita berjalan tidaklah sesulit yang dibayangkan, hanya perlu sedikit kreativitas agar Si Kecil tetap semangat dan mau terus berlatih berjalan. Nah, kira-kira kegiatan berlatih berjalan mana yang paling pas untuk balita kesayangan Bunda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top